Konsep-konsep Pendidikan Islam

Pengertian Pendidikan Islam Istilah pendidikan dalam konteks Islam pada umumnya mengacu kepada  al-tarbiyah, al-ta’lim dan al-ta’dib. Dari ketiga istilah tersebut termasuk yang populer digunakan dalam praktek pendidikan Islam adalah term al-tarbiyah. Sedangkan term al-ta’dib dan al-ta’lim jarang digunakan
Tujuan Pendidikan
-Tercapai nya hablum minallah
-Tercapai nya hablum minannas
-Tercapai nya hablum minal ‘alam

Konsep-konsep pendidikan Islam antara lain :
Tarbiyah - Tarbiyah diartikan sebagai proses yang terkait dengan aktivitas yang bersifat fisik (jasmani) yaitu memberi makan anak supaya dapat tumbuh, memelihara dan mengasuh anak. Tarbiyah lebih mengacu kepada segala sesuatu yang tumbuh.

Ta’lim - Ta’lim diartikan sebagai proses penanaman pengetahuan, pemahaman, pengertian tanggung jawab dan amanah, sehingga terjadi pembersihan diri dari segala kotoran dan menjadikan diri seseorang dalam kondisi yang siap untuk menerima hikmah serta mempelajari hal-hal yang belum diketahuinya dan berguna bagi dirinya.

Ta’dib - Ta’dib merupakan proses penyemaian dan penanaman adab dalam diri seseorang.


Pola pembaruan pendidikan islam :
a.Konservatif-tradisional: berusaha mempertahankan tradisi lama tanpa ada perubahan.
b. Pendekatan modernis-reformis: lebih adaptif rasional dalam mengaplikasikan Islam dalam kehidupan yang penuh perubahan dan dinamis
c.Pendekatan Modernis-Sekuler : hanya dapat dilakukan dengan cara identifikasi model pendidikan yang datang dari barat apa adanya
d. Pendekatan Pemikiran-Fundamentalis : semua aspek kehidupan harus diislamisasikan kembali dengan membersihkan menyucikan, menyaring dan menyegarkan kembali sesuatu yang sudah tercemar keorisinilannya.

Prinsip - prinsip pengembangan pendidikan Islam
Tarbiyah syamilah takamuliah: pendidikan diarahkan pada pendidikan manusia seutuhnya
Tarbiyah mutawazzinah: pendidikan diarahkan pada pendidikan yang berkeseimbangan
Tarbiyah sulukiyah wa ‘amaliah:  pendidikan yang diarahkan pada pembentukan kepribadian yang fungsional
Tarbiyah fardiyah itima’iyah: pendidikan yang mengarah membentuk individu dan sosial kemasyarakatan
Tarbiyah dlamir al insan: pendidikan diarahkan sebagai lembaga yang mampu mendidik hati manusia
Tarbiyah fitriah ghariziah: model pendidikan dapat mengerahkan anak didiknya
 tarbiyah ila al khair: model pendidikan diarahakan pada tujuan akhir kebaikan
Tarbiyah mustamirah: model pendidikan diarahkan pada model yang mengampu menyediakan pembelajaran secara berkesinambungan
Tarbiyah kulliyyah: prinsip merujuk pada konsep bahwa Islam adalah agama pendidikan untuk semua orang dan golongan
Tarbiyah muhafzhah wa mujaddidah: pendidikan yang mengintegrasikan nilai nilai yang berdasar pada wahyu (Al Quran) dan nilai nilai yang dibenarkan sesuai perkembangan ruang dan waktu.


Pengembangan Sistem Pendidikan Indonesia

Pola alternatif: pendidikan sistematik (perubahan total)
Pendekatan suplementer (dengan menyambah sejumlah paket yang bertujuan memperluas pemahaman)
Pendekatan komplementer (dengan upaya mengubah kurikulum dengan sedikit radikal untuk disesuaikan secara terpadu)

Comments

Popular posts from this blog

Pendidikan Islam

Konsep Ipteks dan Peradaban Islam